Rabu, 07 Januari 2015

Pengalamanku kerja di perekrutan pelaut kapal ikan Jepang

Penulis pernah bekerja di perusahaan perekrutan pelaut-pelaut Indonesia yang bekerja di kapal penangkapan Ikan Jepang tahun 1998 - 2004. seperti kita ketahui Jepang adalah negara pengkonsumsi daging ikan laut terbesar di dunia.

Aku di rekrut oleh teman yang sebelumnya kita sering kumpul bareng atau main-main musik, yang mulai menekuni bisnis yang di rintis orang tuanya melihat pengalamanku di bidang ekspor-impor, karena kebaikannya di rekrut untuk menangani masalah kapal Jepang yang masuk ke Indonesia untuk perbaikan dan isi logistik di Semarang.

Seperti perkembangan masalah perikanan yang baru-baru saat ini saya ingin memberi gambaran bagaimana bagaimana pengalamanku supaya pada terbuka wawasannya bukan hanya memuji-muji atau menghujat-hujat saja tapi kita bisa memikirkan bersama masalah ini demi masa depan kita bersama.

Yang saya lihat saat ini ada seseorang yang (maaf) cuma lulusan SMP dan merintis bisnis kecil-kecilan jualan ikan bisa menjadi seorang mentri kelautan dan membuat kebijaksanaan penenggelaman kapal-kapal penangkapan ikan asing, bagi saya ini sangat tidak efektif atau bisa memberikan dampak yang lebih panjang daripada keuntungannya yang katanya kerugian yang di gembar-gemborkankan mencapai 300 T pertahunnya, saya pikir kalau memikirkan kerugian, sekarang ini kekayaan Indonesia mana yang bisa di rasakan oleh rakyat Indonesia ? mulai dari hotel-hotel, rumahsakit-rumahsakit, mal-mal, rumah makan-rumah makan, bank-bank dan sebaginya adalah milik asing, jangankan ikan laut, hasil hutan atau tambang semua dikuasai asing bahkan air saja di ekplorasi besar-besaran perusahaan asing dan jadi kita tidak ubahnya seperti dijajah di negeri sendiri.

Sebagai gambaran, kapal penangkapan ikan dimana aku bekerja tidak beroperasi di perairan Indonesia karena tidak ada kriteria ikan yang mereka butuhkan, mereka hanya mencari jenis ikan tuna sirip biru (blue fin), mereka datang jauh-jauh ke Semarang murni perbaikan kapal, isi logistik dan perekrutan pelaut-pelaut Indonesia yang bekerja di kapal tersebut. Bahkan sebelum masuh ke perairan Indonesia mereka membuang ikan-ikan hasil tangkapannya yang tidak sesuai dengan kriteria misalkan hiu, bawal laut dan sebagainya yang katanya buat makanan ikan laut karena dianggap ikan sampah dan memenuhi cold storagenya, alhamdulillah penulis pernah mendapakan sisa ikan bawal yang belum terbuang sebesar bantal orang dewasa, sampai dirumah motong-motongnya pakai gergaji dan dibagikan ketetangga-tetangga dan dimasak sendiri seminggu tidak habis-habis...hahahaha

Inilah inti permasalahnya kalau kita serampangan menanganinya, selama ini orang Jepang senang merekrut pelaut-pelaut kita karena pekerja keras, penurut dan gaji bisa di nego daripada orang-orang Cina, Vietnam, India dll, dari rekruitmen ratusan atau bahkan ribuan pelaut-pelaut kita yang selama ini, kapal-kapal Jepang ini pasti merekrut pelaut-pelaut yang sudah berpengalaman, seperti kita lihat kebanyakan dari mereka pengalaman-pengalaman mereka bekerja di kapal-kapal asing di perairan Indonesia. Alasan mereka bekerja di kapal-kapal asing bisa buat batu loncatan bekerja di kapal-kapal Internasional seperti kapal Jepang ditempat penulis bekerja juga kapal-kapal punya orang Indonesia cuma kapal-kapal kecil, cari ikan cuma di pinggiran laut, apabila cuaca buruk cuma pada nganggur dan pada tidak kuat beli solar...weleh-weleh.

Kenapa saya katakan serampangan menghilangkan kapal-kapal asing ? seperti kita sering mengatakan "GANYANG MALAYSIA", ada berapa ribu TKI kita ada disana ? bahkan anakku yang usia 2,5 tahun tahunya panggilan guru itu CIKGU dari pada ibu guru karena seringnya film kartun Malaysia yang mendidik buat anak-anak daripada acara-acara tivi Indonesia. sama halnya penghilangan kapal-kapal asing, ada berapa ribu  pelaut-pelaut Indonesia yang bakal nganggur ? dan lagi kenapa harus ditenggelamkan kalau nelayan-nelayan kita saja cuma naik perahu kalau cari ikan bukannya lebih elegan kalau di gunakan nelayan-nelayan kita meski akhirnya paling-paling tidak kuat beli solarnya...hehehehe

Pernah penulis ngobrol sama orang yang mengetahui masalah perikanan laut, malah kapal-kapal nelayan Indonesia lebih senang bekerja sama dengan kapal-kapal penagkapan ikan asing, yaitu kapal-kapal nelayan Indonesia menjual tanggkapannya ke kapal-kapal penagkapan asing dengan alasan harga lebih baik dan bila masuk ke TPI melewati beberapa pungutan-pungutan baik yang resmi atau para preman-preman, cocok khan....hahahahaha

Sama seperti Menteri Tenaga Kerjanya buat gebrakan beneran dobrak penampungan TKI, kalau disuruh milih mereka itu lebih seneng bekerja di kampung halaman dekat dengan orang-orang yang di cintainya dari pada bekerja jauh-jauh jadi TKI, ya karena kita di negeri kita sendiri seperti peribahasa AYAM MATI DI LUMBUNG PADI, kita punya kekayaan alam berlimpah tapi dimanfaatkan negara lain, kita cuma bisa jadi jongos mereka dan mereka-mereka jadi abdi negara cuma jadi pelayan orang-orang asing seperti jaman penjajahan Belanda.

Penulis pernah kumpul-kumpul dengan beberapa orang sekedar ngopi bareng mulai mencium ketidak beresan masalah ini, jangan....jangan....karena beliaunya itu punya perusahaan perikanan yang besar merasa tersaingi dengan kapal-kapal asing ini, apalagi dekat dengan kekuasaan terus curhat....terus seperti saat ini....aaaahhhh jangan su'udzon dulu, cuma kalau mau menanggulangi kerugian negara kok cuma masalah perikanan laut saja yang di ekspose terus, masih buaaanyaaak yang belum tercover.

Kalau masalah kapal penangkapan ikan asing ilegal kita buat aja mereka jadi legal dengan mendaftarkan seperti perusahaan-perusahaan asing di Indonesia (PMA), toh yang bekerja juga banyak orang-orang Indonesia. mereka disuruh daftar, membayar pajak dan sebagainya supaya sama-sama enaknya dan kerugian bisa di tekan.





15 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi Bidang penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
      Lewat akun istri saya saya ingin berbagi cerita,
      kisah cerita saya awal jadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
      kisah cerita saya awal jadi TKI

      Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
      KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
      Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
      Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
      Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
      Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
      Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
      MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
      Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputi Bidang pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

      Hapus
  2. Saya anak laki laki berumur 18 tahun, baru lulus SMK tahun ini. Saya lahir di laut, dan saya dibesarkan dilingkungan laut, saya menyukai laut. Tapi ketika SD, saya dipindahkan ke kota. Saya sudah tidak bertemu laut sangat lama sampai saya lulus SMK ini. Sekarang saya telah lulus, saya ingin lagi pergi ke laut menjadi ABK entah itu kapal pesiar atau Kapal Ikan. Tapi sejujurnya saya sangat menyukai kapal ikan. Banyak yang bilang jadi ABK kapal ikan sangat tidak bagus untuk saya karena jauh dari keluarga dan resiko yang besar serta dibutuhkan bukan hanya tenaga anak anak saja. Saya bingung. Tapi saya tetap ingin pergi karena saya mencintai laut. Tolong berikan saya tanggapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua pekerjaan bila di landasi dengan bakat dan bahagia akan membawa kebaikan, tp apabila orang tidak menyukai bidang yg dia kerjakan, seringan apapun pekerjaan akan terasa berat.

      Di dunia laut apalagi kapal ikan tdk ada yg ringan pekerjaannya, semua berat dan menitik beratkan pada fisik bukan dari pikiran, jadi yg dibutuhkan pelaut ikan adalah usia muda, sehat dan fisik prima apalagi ditambah dengan pengalaman dan berprilaku baik, melamar pekerjaan kapal ikan di mana2 pasti akan diterima, silahkan mencoba.....

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya dan beliau juga membantu untuk melariskan usaha/dagangan saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) atau anda yg punya usaha ingin melancarkan usaha anda jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...





    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Terimakasih karena mau berbagi pengalamnnya Pak, pandangan saya terhadap org Indo yg bekerja di Jepang jadi lebih luas

    BalasHapus
  9. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku deputi Bidang penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    Lewat akun istri saya saya ingin berbagi cerita,
    kisah cerita saya awal jadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    kisah cerita saya awal jadi TKI

    Disini saya akan bercerita kisah sukses yang menjadi kenyataan mimpi Beliau.
    KEGIATAN SEBELUM MENGIKUTI PROGRAM.
    Seperti para pemuda umumnya dan dengan kondisi ekonomi Keluarga saya yang pas-pasan saya ikut merasa prihatin dan menghendaki adanya perubahan ekonomi dalam keluarga saya. Saya lahir di salah satu kampung terpencil di kota surabaya jawa timur, dimana struktur tanah tempat kelahiran dia adalah pegunungan dengan mata pencaharian masyarakat sekitar petani dan beternak. Pengorbanan keluarga yang selama mendidik, membina dan membiayai hidup saya selama ini tak cukup hanya sekedar saya mengikuti jejak orang tua saya menjadi petani, saya harus membuktikan kepada keluarga untuk menjadi yang terbaik, tetapi dimana dan bagaimana? Sisi lain saya tau saya hanya lulusan SLTA sedangkan lowongan pekerjaan hanya diperuntukan bagi lulusan Diploma dan Strata 1.
    Pada pertengahan tahun 2016 saya bertemu dengan seorang teman lama di Jalan Raya waru sidoarjo. Dia memperkenalkan saya dengan salah satu pejabat BNP2TKI PUSAT, Beliau adalah KPL DEPUTI BIDANG PENEMPATAN BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO. Alamat BNP2TKI Jalan MT Haryono Kav 52, Pancoran, Jakarta Selatan 12770.
    Saya diberikan No Kontak Hp Beliau, dan saya mencoba menghubungi tepat jam 4 sore, singkat cerita saya'pun menyampaikan maksud tujuan saya, bahwa sudah lama saya mengimpikan bisa bekerja di japang. Beliaupun menyampaikan siap membantu dengan bisa meluluskan dengan beberapa prosedur , saya rasa prosedur itu tidak terlalu membebani saya. Dari sinilah saya menyetujui nya, yang sangat membuat Aku bersyukur adalah bahwa saya diminta melengkapi berkas untuk saya kirim ke kantor beliau dan sayapun disuruh menyiapkan biaya pengurusan murni sebesar Rp. 22.500.000. Inilah puncak kebahagiaan saya yang akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di negeri sakura japang.
    Akhirnya saya mendapat panggilan untuk ke jakarta untuk dibinah selama 2 minggu lamanya, saya hanya diajarkan DASAR berbahasa japang. Makna yang terkandung di dalam'nya sangat luar biasa dirasakan oleh saya, tanggung jawab, disiplin, berani dan sebagainya merubah total karakter saya yang dulu cengeng dan kekanak-kanakan, walau kadangkala saya masih belum begitu yakin apakah dia bisa berangkat Ke Jepang dengan baik, akhirnya saya mendapat Contrak kerja selama 3 tahun lamanya di bidang industri.
    Rasa pasrah dan khawatir menghinggapi saya saat itu, seorang anak kampung berangkat ke Jepang dengan menggunakan pesawat terbang yang sebelum belum pernah saya rasakan sebelumnya. Jangankan naik di atas pesawat melihat dari dekatpun saya belum pernah sama sekali.Di Bandara Soekarno Hatta kami di temani oleh petugas Depnakertrans dan IMM Japan untuk melepas keberangkatan saya, rasa haru dan air mata sedih berlinang di pipih saya pada saat saya di izinkan prtugas untuk pamit kepada keluarga yang kebetulan saya diantar oleh paman di jakarta, kami saling berpelukan dan mohon salam dan restu dari orang tua dan keluarga.
    MASA MENGIKUTI PROGRAM KEBERANGKATAN DI JEPANG.
    Setibanya di NARITA AIRPORT Jepang, saya dijemput oleh petugas IMM Japan yang ada di sana, dan dia diantar ke Training Centre Yatsuka Saitama-ken untuk mengikuti pembekalan sebelum di lepas ke perusahaan penerima magang di Jepang. jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk deputi Bidang pempatan BNP2TKI, DRS. AGUSDIN SUBIANTORO ini No Contak HP pribadi Beliau: 0823-5240-6469 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi sebuah kenyataan.

    BalasHapus
  10. maaf saya mau tanya..?
    gimana caranya saya bisa kerja di kapal ikan di jepang namun usia saya sudah 40 tahun..!!
    mohon pencerahannya..?

    BalasHapus
  11. Betul Permasalahan selama ini ibarat ayam mati di lubung padi

    BalasHapus
  12. SAYA TRI SULASTRI DARI TKW HONGKONG<<<<<


    ASSALAMUALAIKUM WR.WB..ingin berbagi cerita kepada anda semua
    bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga
    yang gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita
    dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang
    tentang ( MBAH GEDE ) dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul
    tembus.... dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya
    saya coba untuk menhubungi ( MBAH GEDE ) dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya
    untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan ( MBAH GEDE ) meman betul2 terbukti tembus
    dan saya sangat bersyukur berkat bantuan ( MBAH GEDE ) kini saya bisa pulang ke INDONESIA
    untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik ( MBAH GEDE )
    makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya
    bila butuh bantuan hubungi saja ( MBAH GEDE ) DI: <<085281586838>>
    insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya
    seorang TKW..di HongKong




    Trimakasih yg punya room





























    SAYA SRI WAHYUNI DARI CILACAP ( JATENG ) <<<<<






    Aslamu alaikum wr wb..
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank
    totalnya 600 juta
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di SMP / SMA,
    dan juga anak sementarah kuliah,DAN SUAMI saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya
    dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan ( MBAH GEDE )
    hidupnya kembali sukses,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dan menghubungi ( MBAH GEDE ) di No <<085281586838>>
    Semua petunjuk ( MBAH GEDE ) saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim,

    Kirim Foto anda
    Alhamdulilah Demi AllAH,saya dan anak saya,
    5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih ( MBAH GEDE ) saya tidak akan melupakan jasa MBAH.
    JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH,
    SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB ( MBAH GEDE )
    DI NO <<085281586838>>


    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))
    Pesugihan Instant 5 MILYAR
    Mulai tahun ini Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal,
    serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar,
    Hutang yang menumpuk Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :
    1:Masalah Ekonomi
    2:Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

    Syarat :
    Usia Minimal 21 Tahun
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda



    !!!!DAN APAPUN MASALAH ANDA, SILAHKAN SAJA ANDA CERITA!!!!

    ASSALAMUALAIKUM


    BalasHapus